Komponen AC Mobil Serta Fungsinya Yang Harus Di Perhatikan

Komponen AC Mobil
Komponen AC Mobil
Komponen AC Mobil Serta Fungsinya Yang Harus Di Perhatikan

Komponen AC Mobil Adalah Sistem Pendingin Udara Yang Di Sebut Dengan AC, Hal Ini Memiliki Komponen Penting Yang Bisa Di Perhatikan. AC berfungsi agar bisa menjaga suhu di dalam mobil supaya anda bisa berkendara dengan nyaman. Terutama anda gunakan di saat cuaca panas. Jika anda ingin memahami lebih dalam mengenai hal tersebut, anda harus bisa mengenal komponen-komponen penting yang di miliki AC tersebut.

Hampir semua mobil yang di jual di beberapa pasar sudah mengusung fitur Air Conditioner (AC). Tanpa adanya hal tersebut, maupun pengemudi atau penumpang bisa merasakan gerah saat anda di dalam perjalanan. Jika anda sering menggunakannya, Komponen AC Mobil lama-kelamaan akan kurang dingin, jika hal tersebut tidak anda cek atau di perbaiki, maka ac tersebut bisa saja mengalami kerusakan.

Nah, jika anda memiliki mobil tidak hanya anda memperhatikan performa mesin saja, namun anda juga harus rutin untuk selalu cek komponen pada Komponen AC Mobil anda. jadi anda harus selalu bisa merawat ac supaya anda saat berkendara atau di perjalanan tidak akan merasakan gerah ataupun kepanasan saat berada di dalam mobil. Bukan hanya itu saja, anda juga harus sering servis pada ac tersebut, supaya ac pada mobil anda bisa lebih lama untuk menggunakannya.

Anda juga harus menambah pewangi ac agar lebih wangi lagi, jadi ac tersebut bukan hanya dingin melainkan, ac anda wangi yang bisa membuat anda nyaman saat berkendara. Banyak pewangi ac yang bisa kalian beli di minimarket terdekat. Contohnya seperti autofriend ted a car, little trees, glade scented gel ocean escape, ambi pur, stella natural, bayfresh hang ’n go, cardia car freshener, dan masih banyak pewangi lainnya yang bisa kalian cari di minimarket terdekat. Jika anda penasaran pada pembahasan kami, di bawah ini kami akan menjelaskan lebih detail lagi tentang hal tersebut.

Berbagai Macam Komponen Pada Ac Mobil Serta Fungsinya

Ac pada mobil bisa memiliki berbagai macam komponen yang berada di dalamnya, jika anda ingin tahu lebih dalam, simak penjelasan kami sampai habis supaya anda bisa paham. Berikut penjelasan kami tentang Berbagai Macam Komponen Pada Ac Mobil Serta Fungsinya:

Kompresor

Kompresor ac berfungsi sebagai memompa pada aliran gas freon supaya mampu untuk bersirkulasi dengan menekan freon supaya molekul yang ada di dalamnya bisa lebih rapat lagi. Hal tersebut memiliki cara kerja yang menggunakan gerakan pada rotary hal ini terdapat dari pulley mesin. Poros pada kompresor ini sudah terhubung dari pelat yang bisa memiliki beberapa nok. Jika nok menyentuh piston maka hal tersebut akan bergerak ke depan, sehingga bisa menekan freon keluar karena adanya tekanan tinggi.

Jika nok sudah lepas dari piston, maka piston akan kembali bergerak ke arah belakang karena terjadinya pegas pengembali. Hal ini akan membuat freon menjadi selang low pressure yang akan masuk ke dalam ruang piston.

Magnetic Clutch

Magnetic Clutch berfungsi agar bisa mengatur kapan waktu kompresor bisa bekerja dan juga berhenti walaupun pulley mesin masih berputar. Di saat kompresor bekerja, maka tekanan yang keluar pada freon dari sebuah kompresor akan terus meningkat. Terlebih lagi saat mesin di gas, maka tekanan yang terdapat pada freon akan lebih besar.

Terdapat beberapa risiko jika kompresor terus bekerja. Nah, jika tekanan freon sudah mencapai pada titik maksimum, maka hal tersebut akan memutuskan hubungan pada pulley kompresor dan dengan poros kompresor. Cara kerja magnetic clutch hanya mengandalkan sebuah gaya tarik dari magnetik. Sebuah coil yang di gunakan agar bisa menciptakan sebuah daya tarik pada magnet melalui proses induksi elektromagnetik. Ketika induks sudah terjadi, maka hal tersebut akan bergerak ke sebuah arah koil, lalu menempelkan pada pulley kompresor, sehingga porosnya mampu untuk berputar.

Lanjutan Dari Berbagai Macam Komponen Serta Fungsinya

Nah, kini kami akan membahas tentang Lanjutan Dari Berbagai Macam Komponen Serta Fungsinya. Berikut penjelasan dari kami mengenai hal tersebut:

Kondensor

Pada komponen ini kondensor berfungsi untuk memindahkan sebuah panas yang berada di dalam freon atau refrigerant ke udara yang bebas. Kondensor memiliki cara kerja yang sama seperti radiator, hal ini mengharuskan freon untuk terlebih dahulu agar di lalui dengan beberapa core supaya bisa memindahkan panas dengan semaksimal mungkin.

Di antara core ada beberapa cara sirip-sirip yang memiliki sifat konduktor, saat aliran pada udara yang melewati sirip ini maka suhu yang di dapat akan lebih dingin. Yang di mana kondensor bersifat konduktor hal ini akan menyebabkan suhu bisa menjadi lebih tinggi terdapat pada freon. Maka ia akan berpindah kepada sirip secara otomatis.

Dryer

Hal ini merupakan komponen yang memiliki tambahan pada sistem AC tersebut yang di mana fungsinya mirip dengan filter. Sesuai dengan namanya, fungsi utamanya untuk selalu mengeringkan freon yang terkena air. Meskipun siklus AC pada mobil tertutup, namun hal tersebut kemungkinan tidak menutupi. Sudah pasti ada sedikit uap pada air yang akan masuk ke dalam saluran AC pada mobil anda.

Nah, kini uap air bisa saja masuk, jika proses refill freon atau melakukan penggantian pada salah satu komponen yang terdapat pada AC tersebut. Saat saluran AC terbuka, maka udara akan bisa masuk ke dalam sistemnya. Pada dryer ada material pasir silika yang mampu untuk mengikat air ke dalam aliran freon. Dengan adanya hal tersebut, uap air yang masuk pada saluran kemungkinan tidak akan bisa menyebabkan masalah, terkait dengan sistem AC pada mobil.

Jadi anda harus bisa menjaga AC pada mobil anda supaya tidak terjadinya hal-hal yang sudah kami jelaskan di atas. Bukan hanya itu saja ada juga komponen lain pada AC tersebut yaitu expansion valve dan evaporator.

Cara Merawat Komponen AC Pada Mobil

Apabila AC tersebut jarang di rawat, kemungkinan akan membuat AC pada mobil menjadi terasa kurang dingin di saat menyala. Bahkan AC akan mengalami kerusakan dan juga membuat anda kegerahan saat berkendara. Nah, maka anda harus bisa merawat AC pada mobil anda dengan rutin, supaya bisa berkendara dengan nyaman. Berikut penjelasan dari kami untuk mengetahui Cara Merawat Komponen AC Pada Mobil:

Rutin Untuk Menyalakan AC

Harus rutin untuk menyalakan AC walaupun mobil anda jarang di gunakan, minimal seminggu itu cukup sekali berdurasi 3-5 menit saja. Namun, hal ini anda lakukan di saat mesin mulai stabil supaya komponenya bisa bekerja dengan normal. Anda juga harus selalu bisa menjaga kebersihan pada kabin (interior) pada mobil supaya udara yang di hasilkan dari AC tidak ada bau.

Kalau ac anda terdapat aroma tidak sedap (bau), sudah pasti anda tidak akan nyaman di saat berkendara ataupun keluarga yang anda bawa. Maka dari itu anda harus merawatnya dengan baik dan juga harus rutin untuk AC mobil anda supaya bisa wangi. Dan anda tidak malu pada keluarga anda di saat sedang berada di dalam mobil.

Membersihkan Filter Ac Dengan Rutin

Membersihkan filter pada AC dengan rutin di bengkel, dan juga mengganti oli pada kompresor secara berkala. Supaya mobil yang anda gunakan masih terawat dengan baik. Jika anda ingin merawat AC tersebut mungkin anda bisa mengikuti cara-cara di atas yang sudah kami jelaskan dengan detail. Agar anda tidak salah melakukannya di saat anda ingin merawat AC Mobil. Penting untuk di ingat bahwa AC pada mobil memiliki banyak komponen dan juga fungsinya. Bahwa hal tersebut sangat mudah untuk anda lakukan di rumah. Semoga pembahasan kami ini bisa membuat anda tahu tentang Komponen AC Mobil.