Bertukar Kursi Pesawat, Berbahaya Dan Berhak Menolak

Bertukar Kursi Pesawat, Berbahaya Dan Berhak Menolak
Bertukar Kursi Pesawat, Berbahaya Dan Berhak Menolak
Bertukar Kursi Pesawat, Berbahaya Dan Berhak Menolak

Bertukar Kursi Selama Atau Sebelum Penerbangan Tentu Merupakan Aktivitas Yang Tidak Bisa Di Sepelekan Karena Menyangkut Keselamatan. Hal ini sangat berbeda ketika di transportasi umum lainnya. Yang mana kebebasan untuk melakukan tukar kursi antar sesama penumpang sering terjadi. Baik di lakukan sebelum keberangkatan hingga selama perjalanan, jika kesepakatan terjadi maka hal ini dapat terjadi dengan sendirinya. Namun hal ini berbeda tentunya jika di pesawat. Umumnya jarak tempuh pesawat terbang komersil minimum berkisar antara 1 hingga 2 jam penerbangan. Meskipun begitu, para traveller umumnya telah melakukan perencanaan perjalanan dengan memesan tiket dari jauh jauh hari. Sehingga penumpang tersebut memiliki kesempatan untuk memilih kursi dengan membayar ekstra. Di tambah dengan kondisi penerbangan panjang hingga memakan waktu 8 hingga 10 jam. Tentu pemilihan kursi sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda selama penerbangan. Hal ini semakin menguat jika penerbangan di lakukan bersama dengan teman atau keluarga. Sehingga menambah kenyamanan selama penerbangan.

Namun, praktik bertukar kursi seperti ini kembali marak terjadi dan sempat menjadi perbincangan. Pasalnya, tak ada yang salah ketika seseorang menanyakan kepada Anda untuk bertukar tempat duduk sebelum penerbangan. Karena hal ini di lakukan sebelum penerbangan, jika terjadi kesepakatan maka tetap harus di informasikan kepada awak kabin. Yang mana dengan berpindahnya penumpang dari suatu titik ke titik lain di pesawat akan memberikan pengaruh terhadap distribusi bobot pesawat.

Namun, jika seseorang bertanya untuk menukar tempat duduk sebelum penerbangan dan Anda merasa tidak nyaman dengan itu. Anda dapat dan berhak menolak permintaan tersebut. Hal ini tentu dengan alasan kenyamanan selama penerbangan serta mungkin seseorang telah membayar ekstra tempat duduk tersebut. Dan juga hak Anda sebagai sesama pemilik tiket yang membayar, dapat menolak dengan tegas permintaan tersebut. Apalagi hal ini di lakukan selama penerbangan berlangsung, meskipun terjadi kesepakatan umumnya awak kabin akan sulit menerima permintaan ini.

Bertukar Kursi Harus Mendapat Izin Awak Kabin

Ketika penerbangan di lakukan bersama keluarga atau rekan terdekat, duduk bersama sama tentu akan memberikan rasa nyaman serta keasyikan. Perbincangan mengenai hal ini ramai terjadi di media sosial pada tahun 2023 silam. Yang mana sebagian netizen mengatakan hal ini dapat di lakukan asalkan sopan. Namun meskipun tetap di lakukan dengan sopan, seseorang tetap tidak di perkenankan untuk meminta pertukaran tempat duduk. Hal ini justru sebaliknya, memberikan kesan bagi seorang yang meminta tersebut rasa tidak sopan dan membuat tidak nyaman orang lain.

Namun, tak sedikit juga orang yang memberikan kursinya untuk orang lain. Dalam hal ini terjadi kesepkatan di antara penumpang untuk saling berpindah tempat duduk. Jika hal ini terjadi, Bertukar Kursi Harus Mendapat Izin Awak Kabin. Dan juga seharusnya di lakukan sebelum pesawat lepas landas. Karena dengan pertukaran tempat duduk ini, memberikan pengaruh terhadap distribusi bobot pesawat yang membuat pilot sulit mengendalikan pesawat ketika taxi. Pasalnya pertukaran ini harus di informasikan kepada awak kabin sehingga awak kabin dapat meneruskan informasi tersebut ke pilot.

Seperti pendapat salah seorang co-pilot yang di kutip dari The Sun. Yang mana sebaiknya penukaran tempat duduk ini di lakukan sebelum pesawat lepas landas. Pada suatu forum di Quora, seorang pilot Magnar Nordal mengatakan kopilotnya mengalami kesulitas saat memutar pesawat karena beban berat. Dan hal tersebut merupakan kondisi yang cukup kritis pada saat itu mengingat landasan pacu yang sangat pendek serta kemungkinan besar tidak dapat berhenti.

Pendapat lain yang mendukung pernyataan ini juga berasal dari seorang pilot bernama Darren Patterson. Pilot tersebut menjelaskan jika terdapat sekitar 10 penumpang yang saling berpindah tempat duduk. Maka hal tersebut akan memberikan efek keseimbangan yang buruk pada pesawat. Karenanya, perlu untuk menginformasikan hal ini ke pihak awak kabin sebab mereka akan membantu sesuai dengan prosedur.

Bagaimana Jika Di Lakukan Setelah Lepas Landas

Seperti penjelasan di atas, dengan menginformasikan terlebih dahulu kepada awak kabin bahwa Anda ingin berpindah tempat duduk. Serta di perkuat dengan persetujuan penumpang lain yang beredia untuk bertukar kursi dengan Anda. Anda kemudian akan di arahkan oleh awak kabin tentang bagaiaman proses yang harus Anda lakukan selanjutnya. Seperti jika persetujuan telah di sepakati dan awak kabin telah menerima informasi dari Anda. Biasanya awak kabin akan meminta Anda untuk menunggu hingga pesawat telah melalukan lepas landas. Kemudian, jika pesawat sudah dalam posisi stabil dan telah melewati tahap climbing maka Anda di perbolehkan melakukan pertukaran tempat duduk.

Namun, Bagaimana Jika Di Lakukan Setelah Lepas Landas. Hal ini tentu dapat di lakukan dan harus dengan persetujuan kedua pihak. Selain itu, penting untuk tetap menginformasikan perpindahan tempat duduk kepada awak kabin. Sehingga jika dalam kondisi darutat tertentu, awak kabin mengetahui bahwa terdapat beberapa penumpang yang melakukan perpindahan tempat duduk. Pada kondisi penerbangan yang sepi, Anda dapat meminta secara langsung kepada awak kabin bahwasannya Anda ingin pindah kursi. Jika permintaan ini di lakukan ketika boarding, Anda terlebih dahulu dapat menanyakan jika kursi kosong tersebut telah di pesan atau belum. Dan jika Anda melakukan perpindahan ke kursi kosong sebelum lepas landas, maka hal tersebut tetap dapat di lakukan sesuai dengan arahan dari kru atau awak kabin.

Lakukan Penolakan Jika Tidak Nyaman

Seseorang jika mendapati kondisi seperti ini berhak melakukan penolakan jika merasa di rugikan dan menimbulkan ketidaknyamanan. Lakukan Penolakan Jika Tidak Nyaman serta berikan respon yang sesuai dengan cara orang lain meminta untuk bertukar tempat duduk. Jika Anda sendiri yang ingin melakukan perpindahan kursi, pastikan orang tersebut sudah duduk di kursinya dan mintalah dengan memberikan alasan yang jelas. Dan juga jika berada dalam kondisi penerbangan yang sepi, Anda dapat meminta kepada awak kabin dengan tetap memberikan alasan mengapa harus pindah.

Keseluruhan hal ini tak lepas dari tanggung jawab bersama sebagai penumpang yang membayar untuk suatu penerbangan. Saling memberikan kenyamaan antar penumpang dan menjaga kondusifitas tentu menjadi hal penting patut di perhatikan.

Tambahan informasi seperti lokasi tertentu yang tidak dapat di lakukannya penukaran tempat duduk. Seperti kursi yang berada di dekat pintu emergency. Karena penumpang di kursi tersebut umumnya sudah di bekali pengetahuan dan penanganan singkat mengenai penanganan untuk kondisi darurat. Sehingga dengan perpindahan tempat duduk, memberikan perubahan dalam rencana penangan pada kondisi darurat. Dan juga terdapat klasifikasi dalam penumpang yang umumnya di tandai dengan harga tiket yang berbeda.

Dengan perbedaan kelas tersebut, di harapkan penumpang dapat lebih menghargai seseorang dengan pilihan kursinya. Di tambah untuk kelas ekonomi saja terdapat pembagian tipe kursi atau subclass seperi ekonomi umum, kelas premium ekonomi hingga ekonomi plus. Yang memberi arti bisa saja seseorang mengalami kerugian jika di minta untuk Bertukar Kursi.