Berkendara Jarak Jauh Terasa Nyaman Setelah Melakukan Tips Ini

Berkendara Jarak Jauh Terasa Nyaman Setelah Melakukan Tips Ini
Berkendara Jarak Jauh Terasa Nyaman Setelah Melakukan Tips Ini

Berkendara Jarak Jauh Merupakan Aktivitas Mengemudi Pada Perjalanan Dengan Jarak Dan Waktu Tempuh Yang Panjang. Seperti contoh perjalanan antar kota maupun provinsi dengan waktu tempuh di atas 10 jam termasuk kedalam tipe perjalanan ini. Sehingga tipe perjalanan ini lebih membutuhkan perencanaan yang sangat detail sebelum keberangkatannya. Umumnya, sebelum melakukan perjalanan pengemudi akan melakukan inspeksi terhadap kendaraan. Dan tipe inspeksi seperti ini meliputi pengecekan tekanan angin ban, kondisi rem, fungsi lampu utama, stop lamp hingga lampu sein. Namun, berbeda jika melakukan perjalanan jauh sebab pengecekan kendaraan saja di rasa kurang cukup. Hal ini meliputi perencanaan perjalanan seperti pemilihan rute perjalanan. Yang mana hal ini akan berpengaruh terhadap jarak dan waktu tempuh yang akan di lalui. Kemudian, jarak dan waktu tempuh tersebut juga berpengaruh terhadap pola istirahat dari pengemudi. Perencanaan lain untuk pola istirahat pengemudi juga perlu di perhitungkan sebab jika pengemudi kelelahan, maka resiko hal yang tidak di inginkan dapat terjadi.

Yang mana dalam hal ini, resiko kecelakan yang terjadi akibat pengemudi yang kelelahan atau ngantuk cukup sering terjadi. Menimbang resiko tersebut, perlu di perhatikan jika perjalanan yang akan di lakukan cukup panjang hingga berhari hari. Pertimbangan untuk menambah pengemudi atau keikutsertaan orang yang dapat mengemudi. Hal ini di lakukan dalam upaya mencegah resiko kecelakaan akibat kelelahan. Yang mana jika memiliki dua pengemudi, maka dapat melakukan pergantian driver yang mengemudi. Kondisi tersebut hanya dapat terjadi pada perjalanan yang di tempuh dengan mengendarai kendaraan roda empat.

Lain halnya jika perjalanan jauh tersebut di tempuh menggunakan motor. Tentu saja perencanaan tempat beristirahat bagi pengemudi sangat penting. Mengapa tidak bergantian saja antara pengemudi dengan yang di bonceng? Jika perjalanan di tempuh dengan penumpang, pergantian ini tetap tidak dapat terjadi. Sebab meskipun sebagai penumpang, rasa lelah juga tetap di rasakan.

Persiapan Sebelum Berkendara Jarak Jauh

Sedikit melanjuti dari pernyataan di atas. Seorang penumpang tetap tidak dapat melakukan pertukaran sebagai pengemudi ketika perjalanan jauh. Selain mementingkan keselamatan pengemudi agar tidak kelelahan, juga sebagai pertimbangan terhadap kondisi kendaraan. Sepeda motor tentu berbeda dengan mobil, yang mana mobil dapat berkendara seharian non stop tanpa mengalami kendala overheat pada mesin. Untuk sepeda motor, perencannan istirahat sama pentingnya bagi pengemudi dan motor itu sendiri.

Maka dari itu, penting untuk melakukan Persiapan Sebelum Berkendara Jarak Jauh. Hal pertama yang dapat Anda lakukan jika perjalanan menggunakan mobil yaitu melakukan pengecekan kondisi mesin. Pengecekan ini meliputi tingkat kekentalan oli mesin serta pengecekan filter oli. Jika di rasa masih tahan, maka lakukan penggantian setelah perjalanan jauh di lakukan. Kemudian cek cairan pendingin atau coolant dan pastikan berada pada level kondisi yang aman serta melakukan pengecekan terhadap selang radiator untuk mendeteksi kebocoran.

Kemudian pengecekan selanjutnya ini dapat di lakukan pada kedua kendaraan baik mobil maupun motor. Pengecekan tersebut meliputi pemeriksaan kelistrikan baik itu baterai, klakson, elektrik starter, hingga lampu lampu. Kemudian melakukan pada sistem pengapian kendaraan seperti busi, lakukan penggantian sebelum melakukan perjalanan dan simpan satu busi cadangan untuk kondisi darurat. Lakukan pengecekan secara mendetail di bengkel kepercayaan Anda. Dengan memberitahu jika kendaraan baik motor atau mobil akan di pakai untuk menempuh perjalanan jauh. Maka teknisi dapat lebih jelas dalam membantu Anda melakukan pengecekan terhadap kendaraan.

Kemudian, persiapan lain selain pengecekan kendaraan yaitu kondisi kesehatan pengemudi maupun penumpang. Tentu perjalanan akan terasa tidak nyaman jika penumpang maupun pengemudi dalam kondisi yang kurang baik. Kemudian, melakukan perencanaan rute perjalanan yang akan berpengaruh terhadap jarak dan waktu tempuh. Perkiraan estimasi biaya perjalanan juga sangat berpengaruh terhadap pemilihan rute, apakah melalui tol atau jalanan lintas. Serta memperhitungkan biaya tak terduga untuk kondisi darurat tertentu.

Pengaruh Cuaca Dan Musim Saat Perjalanan

Perencanaan meliputi pemilihan rute sangat penting. Dan telah di jelaskan juga di atas pengaruh hal tersebut terhadap perencanaan biaya yang akan di keluarkan. Meskipun begitu, terdapat faktor lain yang juga secara tidak langsung memberi pengaruh terhadap perjalanan yang akan di lakukan. Dan hal tersebut ialah pemilihan jadwal perjalanan dengan kondisi cuaca yang tak menentu dan juga pada musim tertentu. Hal tersebut ternyata secara tak langsung dapat mempengaruhi segala hal dalam persiapan sebelum berkendara.

Dengan contoh kasus, saat melakukan perjalanan pada musim hujan hal yang perlu di perhatikan bagi pengendara mobil yaitu tingkat keausan ban. Yang mana hal ini juga sangat penting untuk di cek meskipun saat tidak musim hujan. Namun, dengan tingkat keausan ban yang cukup tinggi, menyebabkan mobil akan sulit di kendalikan pada saat melewati jalanan yang tergenang air. Dan juga, waktu tempuh yang akan sedikit lama dari perencanaan sehingga pengemudi lebih memerlukan tenaga yang ekstra untuk melakukan perjalanan. Atau hal tersebut dapat di antisipasi dengan menambah titik peristirahatan bagi pengemudi.

Serta, bagi pengendara sepeda motor hal ini akan menjadi kendala yang sangat berarti. Meskipun perjalanan pada kondisi musim hujan dapat di antisipasi dengan menggunakan jas hujan. Namun mementingkan keselamatan lebih di utamakan jika perjalanan yang di tempuh sedang mengalami hujan yang cukup lebat. Dengan efek yang sama, pengemudi tentu akan melakukan perombakan perencanaan untuk titik istirahat. Serta estimasi tiba dari perjalanan akan berpengaruh terhadap kondisi seperti ini.

Cuaca yang tidak menentu juga akan menyulitkan pengendara motor yang melakukan perjalanan jauh seperti ini. Pasalnya, mereka akan terkena kondisi di mana suatu lokasi yang di lewati mengalami hujan yang cukup lebat di waktu pagi hari. Setelah melewati kota atau lokasi tersebut, mereka mendapati cuaca di daerah lain yang cerah dengan suhu yang tinggi. Dan hal tersebut merupakan Pengaruh Cuaca Dan Musim Saat Perjalanan yang mana kondisi tersebut sering di jumpai.

Kesimpulan

Dengan melakukan beberapa tips di atas seperti melakukan pengecekan terhadap kendaraan hingga melakukan perencanaan rute perjalanan. Tentu membuat perjalanan Anda akan terasa nyaman karena persiapan yang telah di lakukan. Jika di dapati kendala di perjalanan, yang mana hal ini cukup umum di dapati ketika bepergian jarak jauh. Anda tidak akan merasa kerepotan dengan kendala tersebut karena semua telah di rencakan. Sehingga mengubah beberapa rencana meskipun perubahannya cukup signifikan terhadap estimasi rute dan biaya. Namun tetap, mengutamakan keselamatan di atas segalanya merupakan hal yang sangat kami sarankan.

Dengan Kesimpulan yang dapat di ambil dari tips dan penjelasan di atas. Berkendara pada kondisi cuaca serta musim apapun akan terasa nyaman. Dan tak lupa kami ingatkan agar selalu melengkapi kendaraan Anda dengan perlengkapan darurat seperti kunci pas, medis p3k, dongkrak dan lain lain. Dan semua hal tersebut penting untuk Anda perhatikan baik perjalanan lokal di dalam kota maupun Berkendara Jarak Jauh.

Exit mobile version